Selasa, 13 Desember 2011

KARYA ILMIAHKATA PENGANTAR Alhamdulilah, puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah Swt, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, dan tidak lupa sholawat beriring salam penulis sampaikan atas junjungan kita Nabi besar Muhamad Saw. Yang berjasa besar dalam membangun akhlak manusia. Sehingga penulis telah dapat menyelesaikan filsafat pendidikan agama islam yang berjudul Tujuan Pendidikan Islam. Makalah ini bisa diselesaikan tak lepas dari dukungan dosen pembimbing yaitu Jhon Efendi L.C., M.AG dan buku panduan untuk menyusun makalah ini.Terimakasih saya ucapkan kepada Prof.Dr.H. Addulah Nata.,MA.Karena dari buku beliaulah penulis bisa menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari penyusunan makalah ini belum sempurna dan sesuai yang diharapkan. Maka dari itu penulis menerima kritik dan saran dari semua pihak untuk membangun makalah ini kedepannya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Pekanbaru, 11 Novenber 2011-12-11 Penulis BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Pendidikan merupakan suatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Maju atau tidaknya peradapan manusia tidak terlepas dari eksistensi pendidikan. Oleh karena itu manusia saling meningkatkan sumber daya dalam rangka mewujudkan dinamika peradapan yang dinamis. Sebagai kegiatan yang terencana,pendidikan islam memiliki kejelasan tujuan yang ingin di capai serta mempunyai kedudukan yang amat penting. 2.1 Tujuan penulis Adapun tujuan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah filsafat pendidikan islam dan juga untuk mengetahui tentang tujuan pendidikan islam. BAB 11 PEMBAHASAN 2.1 Kedudukan Tujuan Pendidikan Islam Pendidikan islam memiliki kejelasan tujuan yang ingin dicapai,pentingnya tujuan tersebut tidak mengherankan jika dijumpai kajian yang sungguh-sungguh dikalangan para ahli mengenai tujuan tersebut.Ahmad D.Marida, misalnya menyebutkan empat fungsi tujuan pendidikan yaitu,pertama,tujuan berfungsi mengakhiri usaha.kedua,tujuan berfungsi mengarahkan usaha. Ketiga,tujuan berfungsi sebagai titik pangkal dalam mencapai tujuan. keempat,berfungsi memberi nilai terhapa suatu kegiatan. Tujuan – tujuan pendidikan agama harus mampu mengakomodasikan tiga fungsi utama dari agama,yaitu : 1.fungsi spiritual yang berkaitan dengan akidah dan iman. 2.spikologis yang berkaitan dengan tingkah laku individual termasuk nilai-nilai akhlak yang mengangkat derajat manusia kederajat yang lebih sempurna. 3. fungsi sosial yang berkaitan dengan aturan –aturan yang menghubungkan manusia dengan manusia lain (masyarakat). Nilai –nilai yang dipilih sebagai pengrah dalam merumuskan tujuan pendidikan tersebut pada akhirnya akan menentukan corak masyarakat yang akan dibina melalui pendidikan. 2.2 Tujuan Pendidikan Islam Dikalangan para ahli masih terdapat perbedaan pendapat mengenai pemakaian istilah tujuan pendidikan islam.Hasan langgulung, mengatakan bahwa istilah tujuan sendiri banyak dicampur baurkan penggunaannya dengan istilah maksud. Terkadang tampak berbeda dan terkadang tampak serupa. Namun demikian, pada akhirnya ia menganggap bahwa keduanya mempunyai arti yang sama. Menurut Al-Syaibany, hubungan antara tujuan dan tanda-tanda adalah hubungan persekutuan atau persamaan dalam makna tempat mencapai tujuan dan tanda menghendaki adanya perencanaan dan usaha yang sengaja dan langkah-langkah yang berkaitan antara satu dan yang lainnya.Dengan demikian tujuan dan tanda adalah akhir suatu proses serta proses itulah mempunyai permulaan. Menurut Ahmad D.Marimba,pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.Definisi ini nampak sejalan dengan prinsip tersebut diatas yang menyatakan bahwa tujuan pendidikan pada hakikatnya adalah gambaran manusia yang ideal. Menurut Mohammad al-Abrasy Athiyah,pendidikan budi pekerti adalah jiwa dari pendidikan islam,yang mencapai suatu akhlak yang sempurna dari tujuan pendidikan islam. Dari devinisi yang dikemukakan para ahli tersebut dapat diketahui bahwa tujuan pendidikan islam, mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: a.ciri-ciri tujuan pendidikan islam 1.mengarahkan manusia agar menjadi khalifah tuhan dimuka bumi dengan sebaik-baiknya, yaitu melaksanakan tugas-tugas memakmurkan dan mengolah bumi sesuai dengan kehendak tuhan. 2.mengarahkan manusia agar seluruh pelaksanaan tugas kekhalifahannya dimuka bumi dilaksanakan dalam rangka beribadah kepada Allah,sehingga tugas tersebut terasa ringan dilaksanakan. 3.mengarahkan manusia agar berakhlak mulia, sehingga ia tidak menyaiahgunakan fungsi kekhalifahannya. 4.membina dan mengarahkan potensi akal,jiwa, dan jasmaninya, sehingga ia memiliki ilmu, akhlak dan keterampilan yang semua ini dapat di gunakan untuk mendukung tugas pengabdian dan kekhalifahannya. 5.mengarahkan manusia agar dapat mencapai kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat. Manusia yang dapat memilii ciri-ciri tersebut diatas secara umu adalah manusia yang baik. b.Tujuan pendidikan islam menjadi: 1.tujuan yang berkaitan dengan individu yang mencakup perubahan berupa pengetahuan, tingkah laku, jasmani dan rohani serta kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki unyuk hidup didunia dan akhirat. 2. tujuan yang berkaitan dengan masyarakat yang mencakup tingkat laku individu dalam masyarakat, perubahan kehidupan masyarakat, serta memperkaya pengalaman masyarakat. 3. tujuan profesional yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran sebagai ilmu, seni, profesi dan kegiatan masyarakat. BAB III PENUTUP 3.1 KESIMPULAN Secara umum bahwa tujuan pendidikan islam yaitu terbentuknya manusia yang baik, yaitu manusia yang selalu beribadah kepada Allah Swt dalam rangka melaksanakan kekhalifahannya dimuka bumi. 3.2 SARAN Demikian makalah ini penulis sajikan,tentunya masih banyak terdapat cacat,para pembaca yang budiaman sebagai pemerhati ilmu lebih khusus di bidang pendidikan.Jika ada kesalahan dari makalah ini, penulis mohon kritiknya. Karena kita sebagai generasi penerus bangsa yang akan memimpin dunia ini. Jailah muslim dan muslimah yang memiliki kepribadian yang utuh, sesuai dengan tujuan pendidikan islam. TUGAS INDIVIDU MAKALAH KEDUDUKAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM Dosen Pembimbing: Jhon Effendy.,S.pd,MA Disusun oleh: 1 TRISNAWATI KELAS : 3.A PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKAN BARU 2011 DAFTAR PUSTAKA Nata, Abdullah. 2005 .Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ................................................................................................ DAFTAR ISI .................................................................................................................. BAB PENDAHULUAN ................................................................................................ 1.1 Latar BelakangMasalah .......................................................................................... BAB II PEMBAHASAN ............................................................................................... TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM ................................................................................. 2.1 Kedudukan Tujuan Pendidikan Islam ..................................................................... 2.2 Tujuan Pendidika Islam ........................................................................................... BAB II PENUTUP ........................................................................................................ 3.1 Kesimpulan ............................................................................................................. 3.2 Saran ...................................................................................................................... DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................KATA PENGANTAR Alhamdulilah, puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah Swt, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, dan tidak lupa sholawat beriring salam penulis sampaikan atas junjungan kita Nabi besar Muhamad Saw. Yang berjasa besar dalam membangun akhlak manusia. Sehingga penulis telah dapat menyelesaikan filsafat pendidikan agama islam yang berjudul Tujuan Pendidikan Islam. Makalah ini bisa diselesaikan tak lepas dari dukungan dosen pembimbing yaitu Jhon Efendi L.C., M.AG dan buku panduan untuk menyusun makalah ini.Terimakasih saya ucapkan kepada Prof.Dr.H. Addulah Nata.,MA.Karena dari buku beliaulah penulis bisa menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari penyusunan makalah ini belum sempurna dan sesuai yang diharapkan. Maka dari itu penulis menerima kritik dan saran dari semua pihak untuk membangun makalah ini kedepannya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Pekanbaru, 11 Novenber 2011-12-11 Penulis BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Pendidikan merupakan suatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Maju atau tidaknya peradapan manusia tidak terlepas dari eksistensi pendidikan. Oleh karena itu manusia saling meningkatkan sumber daya dalam rangka mewujudkan dinamika peradapan yang dinamis. Sebagai kegiatan yang terencana,pendidikan islam memiliki kejelasan tujuan yang ingin di capai serta mempunyai kedudukan yang amat penting. 2.1 Tujuan penulis Adapun tujuan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah filsafat pendidikan islam dan juga untuk mengetahui tentang tujuan pendidikan islam. BAB 11 PEMBAHASAN 2.1 Kedudukan Tujuan Pendidikan Islam Pendidikan islam memiliki kejelasan tujuan yang ingin dicapai,pentingnya tujuan tersebut tidak mengherankan jika dijumpai kajian yang sungguh-sungguh dikalangan para ahli mengenai tujuan tersebut.Ahmad D.Marida, misalnya menyebutkan empat fungsi tujuan pendidikan yaitu,pertama,tujuan berfungsi mengakhiri usaha.kedua,tujuan berfungsi mengarahkan usaha. Ketiga,tujuan berfungsi sebagai titik pangkal dalam mencapai tujuan. keempat,berfungsi memberi nilai terhapa suatu kegiatan. Tujuan – tujuan pendidikan agama harus mampu mengakomodasikan tiga fungsi utama dari agama,yaitu : 1.fungsi spiritual yang berkaitan dengan akidah dan iman. 2.spikologis yang berkaitan dengan tingkah laku individual termasuk nilai-nilai akhlak yang mengangkat derajat manusia kederajat yang lebih sempurna. 3. fungsi sosial yang berkaitan dengan aturan –aturan yang menghubungkan manusia dengan manusia lain (masyarakat). Nilai –nilai yang dipilih sebagai pengrah dalam merumuskan tujuan pendidikan tersebut pada akhirnya akan menentukan corak masyarakat yang akan dibina melalui pendidikan. 2.2 Tujuan Pendidikan Islam Dikalangan para ahli masih terdapat perbedaan pendapat mengenai pemakaian istilah tujuan pendidikan islam.Hasan langgulung, mengatakan bahwa istilah tujuan sendiri banyak dicampur baurkan penggunaannya dengan istilah maksud. Terkadang tampak berbeda dan terkadang tampak serupa. Namun demikian, pada akhirnya ia menganggap bahwa keduanya mempunyai arti yang sama. Menurut Al-Syaibany, hubungan antara tujuan dan tanda-tanda adalah hubungan persekutuan atau persamaan dalam makna tempat mencapai tujuan dan tanda menghendaki adanya perencanaan dan usaha yang sengaja dan langkah-langkah yang berkaitan antara satu dan yang lainnya.Dengan demikian tujuan dan tanda adalah akhir suatu proses serta proses itulah mempunyai permulaan. Menurut Ahmad D.Marimba,pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.Definisi ini nampak sejalan dengan prinsip tersebut diatas yang menyatakan bahwa tujuan pendidikan pada hakikatnya adalah gambaran manusia yang ideal. Menurut Mohammad al-Abrasy Athiyah,pendidikan budi pekerti adalah jiwa dari pendidikan islam,yang mencapai suatu akhlak yang sempurna dari tujuan pendidikan islam. Dari devinisi yang dikemukakan para ahli tersebut dapat diketahui bahwa tujuan pendidikan islam, mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: a.ciri-ciri tujuan pendidikan islam 1.mengarahkan manusia agar menjadi khalifah tuhan dimuka bumi dengan sebaik-baiknya, yaitu melaksanakan tugas-tugas memakmurkan dan mengolah bumi sesuai dengan kehendak tuhan. 2.mengarahkan manusia agar seluruh pelaksanaan tugas kekhalifahannya dimuka bumi dilaksanakan dalam rangka beribadah kepada Allah,sehingga tugas tersebut terasa ringan dilaksanakan. 3.mengarahkan manusia agar berakhlak mulia, sehingga ia tidak menyaiahgunakan fungsi kekhalifahannya. 4.membina dan mengarahkan potensi akal,jiwa, dan jasmaninya, sehingga ia memiliki ilmu, akhlak dan keterampilan yang semua ini dapat di gunakan untuk mendukung tugas pengabdian dan kekhalifahannya. 5.mengarahkan manusia agar dapat mencapai kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat. Manusia yang dapat memilii ciri-ciri tersebut diatas secara umu adalah manusia yang baik. b.Tujuan pendidikan islam menjadi: 1.tujuan yang berkaitan dengan individu yang mencakup perubahan berupa pengetahuan, tingkah laku, jasmani dan rohani serta kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki unyuk hidup didunia dan akhirat. 2. tujuan yang berkaitan dengan masyarakat yang mencakup tingkat laku individu dalam masyarakat, perubahan kehidupan masyarakat, serta memperkaya pengalaman masyarakat. 3. tujuan profesional yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran sebagai ilmu, seni, profesi dan kegiatan masyarakat. BAB III PENUTUP 3.1 KESIMPULAN Secara umum bahwa tujuan pendidikan islam yaitu terbentuknya manusia yang baik, yaitu manusia yang selalu beribadah kepada Allah Swt dalam rangka melaksanakan kekhalifahannya dimuka bumi. 3.2 SARAN Demikian makalah ini penulis sajikan,tentunya masih banyak terdapat cacat,para pembaca yang budiaman sebagai pemerhati ilmu lebih khusus di bidang pendidikan.Jika ada kesalahan dari makalah ini, penulis mohon kritiknya. Karena kita sebagai generasi penerus bangsa yang akan memimpin dunia ini. Jailah muslim dan muslimah yang memiliki kepribadian yang utuh, sesuai dengan tujuan pendidika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar